Artikel Aura | Membukaaura.Com, Artikel Kesehatan dan Terapi

Waspadai Gejala Penyakit Alzheimer!!!

 Penyakit Alzheimer, Penyakit Lupa Ingatan, Penyakit Dimensia, Pikun, Penyakit Lansia, Gangguan Daya IngatPenyakit Alzheimer – Daya ingat manusia merupakan aset kesehatan berharga dalam kehidupan. Namun seiringnya waktu berjalan serta bertambahnya usia, seseorang bisa saja mengalami degradasi ingatan. Mungkin hal ini sangat wajar terjadi bagi lansia, namun bagaimana jika penurunan daya ingat terjadi di usia produktif Anda.

Waspadai gejala penyakit Alzeimer!!!

Penyakit Alzheimer merupakan gangguan yang menyerang daya ingat seseorang. Bahayanya penyakit alzheimer ini bisa terjadi pada seseorang tanpa terpengaruh faktor usia. Penyakit ini juga merupakan penyebab terbesar terjadinya dimensia (pikun) pada lansia.

Gejala penyakit alzheimer yang perlu Anda waspadai

  1. Lupa dengan ingatan jangka pendek

Mungkin Anda mampu mengingat peristiwa 10 atau 30 menit yang lalu, akan tetapi tiba-tiba saja Anda lupa kejadian tersebut.

  1. Lupa apa yang ingin dikatakan

Lupa ingin mengatakan sesuatu atau tiba-tiba kehilangan kata-kata yang ingin Anda ungkapkan daam sebuah pembicaraan. Terkadang hingga lupa kosakata yang sebenarnya umum dan sering digunakan.

  1. Perubahan mood dan perasaan

Gejala penyakit alzheimer juga mempengaruhi mood dan perasaan seseorang. Terkadang hal ini akan membuat seseorang menjadi mudah tersinggung, marah, sedih dan sebagainya. Bahkan hal ini bisa saja terjadi akibat sesuatu yang sebenarnya hal umum dan bukan sebuah gangguan.

  1. Kehilangan gairah dan semangat

Seseorang yang awalnya melakukan suatu aktivitas, kemudian ia kehilangan minatnya untuk menjalani aktivitas tersebut, dan cenderung berubah menjadi bermalas-malasan meskipun aktivitas yang dia kerjakan belumselesai, bisa jadi hal ini adalah gejala dari penyakit alzheimer.

  1. Mudah bingung

Mudah mengalami kebingungan dalam mengerjakan hal-hal yang mudah, mengahadapi situasi yang umum atau tidak bisa memahami pembicaraan yang berlangsung. Ini juga bisa jadi diagnosa dari gejala alzheimer.

  1. Mengulang hal yang sudah dilakukan

Gejala alzheimer hampir sama seperti yang terjadi pada penderita dimensia. Hal yang paling sering terjadi pada penerita adalah mengulangi apa yang telah mereka kerjakan, karena mereka berpikir belum melakukannya. Hal ini juga terjadi ketika mereka berbicara.

Penyakit Alzheimer terjadi karena bertumbuhnya plak dan simpul berbahaya di otak yang mengakibatakan menurunnya fungsi otak. Meskipun dengan gejala yang hampir mirip dengan dimensia, Alzheimer ini bisa terjadi pada seseorang dalam usia produktif. Oleh sebab itu sangat perlu untuk mencegah hal in terjadi. Menjaga gaya hidup sehat adalah cara termudah dalam menghindari Alzheimer terjadi pada kehidupan Anda.