Artikel Kesehatan dan Terapi

Manfaat Mendengarkan Musik bagi Kesehatan yang Belum Anda Ketahui


Musik tak hanya bentuk seni yang bisa digunakan untuk besenang senang saja. Mendengarkan musik merupakan salah satu bentuk aktivitas yang melibatkan seluruh bagian otak. Sehingga Manfaat mendengarkan musik tidak hanya untuk menenangkan pikiran dan jiwa saja.

Seperti dilansir oleh Daily Health Post, musik bisa memberikan manfaat yang positif pada tubuh anda. Baik secara fisik maupun mental. Berikut ini manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan yang belum anda ketahui.

Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan Yang Belum Anda Kehatui

1. Menormalkan Tekanan Darah

Menurut penelitian yang diungkapkan dalam acara pertemuan American Society of Hypertension di New Orleans, mendengarkan musik klasik selama 30 menit, setiap hari bisa mengurangi tekanan darah tinggi secara signifikan.

Mendengarkan musik yang lembut seperti Cure Hypertention Music Teraphy tiap pagi dan malam, tubuh anda akan mampu mengontrol tekanan darah, dan mampu menurunkan tekanan darah yang tinggi bagi penderita hipertensi.

2. Meredakan nyeri

Manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan yang selanjutnya yaitu mampu meredakan nyeri yang hebat pada tubuh anda. Musik bekerja pada sistem saraf otomatis untuk meredakan nyeri kronis serta rasa sakit pasca operasi.

Salah satu jenis musik yang biasa digunakan oleh dokter untuk membantu proses operasi untuk mengurangi rasa sakit pada pasien tersebut, serta membantu mempercepat proses penyembuhan bagi pasiennya yaitu Musik Gelombang Otak – Pain Relief.

3. Menyehatkan Pembuluh Darah

Tempo, intensitas, dan kecepatan sebuah musik dipercaya mampu mempengaruhi kinerja jantung. Sehingga manfaat mendengarkan musik salah satunya yaitu dapat menyehatkan pembuluh darah.

Kinerja jantung yang teratur akan mampu menyehatkan pembuluh darah. Begitu juga sebaliknya. Pasien penyakit jantung dapat memilih musik yang sesuai untuk kesehatan jantung nya.

Musik dengan tempo tinggi dapat meningkatkan denyut jantung dan pernapasan, sedangkan musik slow menurunkan denyut jantung dan pernapasan.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mendengarkan jenis musik tertentu dapat merangsang tubuh anda untuk mengeluarkan hormon yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Bahkan, mendengarkan musik tempo tinggi selama 50 menit dapat meningkatkan kadar antibodi dalam tubuh serta menurunkan kadar hormon kortisol penyebab stres.

Cara Merelaksasi Tubuh, Musik Relaksasi, Relaksasi Tubuh, Terapi Musik Relaksasi, Terapi RelaksasiSalah satu jenis musik yang dapat menghindarkan anda dari stress yang dapat memicu timbulnya berbagai masalah kesehatan yaitu Musik Terapi – Total Relaxation. Musik Total Relaxation membantu Anda mengkondisikan otak dalam fase alpha. Dalam fase ini memungkinkan tubuh lebih rileks dan santai dalam tekanan aktivitas sehari-hari.

Manfaat mendengarkan musik Total Relaxation sangat efektif untuk membantu Anda mengatasi stres dan kecemasan melalui relaksasi. Musik Total Relaxation akan mengkondisikan tubuh dan pikiran dalam kondisi rileks dengan mudah. Menggantikan fase beta dalam otak dengan kondisi alpha yang menenangkan. Sehingga anda akan merasakan berbagai manfaat mendengarkan musik sebagai berikut;

  1. Membantu pemulihan tubuh
  2. Mengurangi tingginya tekanan darah
  3. Membantu fase penyembuhan pasca sakit
  4. Mengatasi stress dan kecemasan
  5. Membantu meningkatkan konsentrasi, fokus, daya ingat dan kreatifitas
  6. Membantu meningkatkan imunitas dan kesehatan tubuh

Demikianlah manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan tubuh yang sangat istimewa. Dengan mendengarkan musik secara rutin, kesehatan fisik dan mental Anda akan terjaga dan tentunya terhindar dari berbagai macam penyakit.